9 tips Menang di 99Designs

Tentunya ada banyak teknik atau cara memenangkan kontes di 99Designs. Saya mempunyai cara sendiri untuk memperoleh dollar setiap bulannya dengan memenangkan kontes 3 – 7 kali. Barangkali untuk para pemula bisa mencoba cara yang saya gunakan karena saya menulis berdasarkan pengalaman saya pribadi dan juga sharing antar desainer di komunitas yang saya ikuti.

Saya lebih menyukai kontes dengan kategori logo karena disamping lebih cepat dalam proses perancangan juga dalam hal penyerahan file (jika menang) dan waktu yang tersisa bisa saya gunakan untuk menulis artikel 

Berikut : 9 cara memenangkan kontes di 99Designs untuk pemula :

1. Pilih kontes yang tepat
Pilih kontes sesuai dengan keinginan dan skill yang kita miliki. Ketika kita browse contest di 99Design tentunya banyak pilihan kategori dan prize, pilihlah kategori logo dan prize mulai dari yang kecil. Karena dengan mengikuti kontes dengan prize yang besar akan akan memperkecil peluang kita untuk menang sebab Master desain juga akan mengikuti kontes tersebut.


2. Konsisten
Menurut saya dalam hal apapun sikap konsisten sangat perlu apalagi dalam mengikuti kontes. pengalaman dari dulu sampai sekarang, saya mengikuti 4 kontes baru dalam sehari, dengan target memenangkan kontes 4 kali dalam sebulan. Dengan rincian
4 x 25 hari = 100 kontes
Target final = 20 kontes
Target Menang 4 kali
Dengan target seperti itu saya pikir angka yang realistis di banding dengan mengikuti kontes sekali tetapi berharap menang 2 kali :D

3. Hindari kontes yang dominan
Kontes dominan yang saya maksut adalah kontes yang di kuasai oleh satu orang desainer dengan rate 5. Sebagai contoh, Contest Holder hanya memberikan bintang kepada seorang desainer saja tanpa memberi bintang kepada desainer lain. Itu bisa di prediksi bahwa Contest Holder sudah mempunyai pilihan. Sebagai desainer pemula lebih baik mencari kontes yang lain.

4. Komunikasi
Sebelum mengikuti kontes hendaknya memahami Brief yang diberikan oleh Contest Holder, setelah kita merancang sebuah desain, pikirkan definisi dari logo yang kita buat kemudian submit logo beserta definisi, jika kita tidak mempunyai definisi pada logo tersebut buatlah kata-kata untuk memancing Contest Holder memberikan umpan balik seperti misalnya : "if any revision i will fix as soon as possible" atau "I'm ready to your feedback"

5. Kontes Non Guarantee
Dalam memilih kontes sebaiknya pemula memilih kontes yang non guarantee karena dengan kontes garansi jumlah peserta desain akan tinggi dan itu akan memperkecil peluang kita untuk memenangkan kontes

6. Memahami Posisi
Yang di maksut dengan memahami posisi adalah, kapan kita harus maju dengan membuat konsep baru dan kapan kita harus mundur karena competitor sudah mendominasi. dalam hal ini menyangkut insting, Jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia karena kontes sudah menjadi milik desainer lain.

7. Semangatt
Dengan target sehari 4 kontes dan menang 4 kali dalam sebulan tentunya harus disertai dengan semangat yang tinggi, buatlah rencana jangka pendek agar selalu menjaga semangat anda, misalnya ingin membangun rumah, pergi sama cewek ke bandungan LOL, apapun yang penting bisa mengingatkan kita ketika kurang bersemangat

8. Ikuti Komunitas
Dengan mengikuti sebuah group / komunitas 99D di facebook secara tidak langsung akan memberikan informasi yang berguna untuk mengikuti kontes dan bisa juga menjadikan inspirasi dalam berkarya.

9. Berdo'a
Yang paling penting dari yang terpenting adalah Doa. "Man Jadda Wa Jada" barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia Insyallah akan berhasil. Saya percaya akan kebesaran Allah SWT, jika Allah SWT mengijinkan semua akan berjalan lancar

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar